Teratur membacakan buku semenjak awal dapat memperkuat ikatan di antara Bunda dengan Si Kecil. Tidak itu saja, ada juga faedah lainnya yang dapat didapat dari membacakan narasi pada anak, khususnya dalam memberi dukungan perubahannya.

Berikut faedah dari membacakan narasi untuk Si Kecil yang butuh Bunda tahu:

1. Tingkatkan potensi dengar

Sekalinya Si Kecil belum dapat mengerti bahasa Bunda secara baik, tetapi dia akan tertarik untuk mendengarkannya. Nah, waktu Si Kecil memerhatikan suara Bunda, potensi pendengarannya akan makin terbiasa. Dalam periode panjang, kegiatan ini akan merangsang kepekaan Si Kecil pada sekitar lingkungan.

2. Menumbuhkan ketertarikan baca

Membacakan buku semenjak umur awal dapat juga membuat ikatan, tidak cukup dengan Bunda, dan juga pada buku. Si Kecil semakin lebih familier dengan buku, hingga dia akan kenal buku jadi satu hal yang menyenangkan. Dengan langkah berikut, Bunda otomatis telah menumbuhkan ketertarikan bacanya semenjak awal.

3. Menolong perbanyak kosakata

Membacakan buku pada anak bukan sekedar dapat merangsang kekuatannya berimajinasi, tetapi dapat membantunya dalam memperkaya kosakata. Macam kosakata berikut yang nanti akan menolong potensi komunikasi anak di masa datang.

4. Menolong Si Kecil hadapi lingkungan baru

Waktu dengarkan Bunda menceritakan, imajinasi Si Kecil selalu terpancing serta makin berkembang. Khususnya waktu dia memikirkan ciri-ciri serta tempat tokoh dalam narasi. Dengan demikian, otomatis Bunda telah menyiapkan anak untuk lebih siap hadapi lingkungannya nantinya.

Contohnya, saat anak mulai masuk umur sekolah. Lewat narasi dengan latar pengalaman satu orang pelajar, Si Kecil akan mendapatkan deskripsi kehidupan bersekolah.