Berbicara soal bisnis, tidak adil rasanya jika hanya berbicara soal keuntungan saja. Tidak sedikit pula suatu bisnis mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnisnya. Kegagalan yang paling besar dalam suatu usaha adalah mengalami kerugian. Sebelum memulai dalam menjalankan bisnis, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab kegagalan dalam bisnis. Apa pentingnya? Hal ini tentunya akan mencegah atau setidaknya mengurangi dampak dalam kegagalan dalam bisnis.

Bisnis gagal dapat terjadi karena manajemen perencanaan yang kurang baik. Entah karena kurangnya pengalaman ataupun pengetahuan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa penyebab kegagalan dalam bisnis berikut ini.

Penyebab umum kenapa bisnis bisa gagal

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kegagalan dalam berbisnis. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa hal umum yang menjadi penyebabnya. Antara lain,

1. Manajemen Perencanaan yang Kurang Baik

Sebelum melakukan suatu bisnis, hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah perencanaan. Bisnis apa yang akan dilakukan, produk apa yang akan dijual, alokasi pendanaan, penting diperhatikan untuk mencapai tujuan. Apabila hal ini tidak kamu rencanakan dengan baik, akibatnya bukan keuntungan yang akan kamu raih, melainkan sebuah kegagalan.

2. Takut Mencoba Hal Baru

Tidak hanya perencanaan yang matang, dalam berbisnis diperlukan juga inovasi-inovasi yang membuat produk yang kamu ciptakan menjadi lebih menarik. Tuntutan zaman yang selalu berinovasi setiap waktu, tidak memungkinkan membuat kamu takut untuk mencoba hal baru.

Padahal berkarya memang perlu, namun berinovasi juga sangat diperlukan. Jangan hanya menjadi monoton terhadap suatu produk. Hal tersebut akan membuat konsumen menjadi jenuh dan bosan.

3. Mudah Menyerah

Memutuskan untuk berbisnis, berarti kamu juga perlu menanamkan sifat pantang menyerah. Jika pada suatu waktu kamu dihadapkan dalam sebuah kegagalan, tidak apa. Jadikan itu sebagai sebuah pelajaran agar tidak terulang kembali. Jangan kemudian berhenti di tengah jalan. Habiskan saja kegagalan-kegagalan sejak dini. Bukankah orang sukses terlahir dari berbagai kegagalan juga?

4. Tergesa-gesa

Hal lain yang perlu dihindari adalah sikap yang cenderung tergesa-gesa. Dalam berbisnis, segala keputusan harus didasari dengan teliti dan hati-hati. Terlebih dalam pengambilan sebuah keputusan bisnis. Karena dengan tergesa-gesa, keputusan yang diambil akan cenderung merugikan. Misalnya dalam mengambil keputusan mengembangkan bisnis. Padahal  omset dan alokasi dana belum terurai dengan baik.

Demikian beberapa contoh penyebab kegagalan dalam berbisnis. Semoga uraian ini bermanfaat.