Penurunan produktivitas kerja bisa perlambat Anda pada menyelesaikan pekerjaan, hingga Anda memerlukan waktu makin banyak untuk mengakhirinya.

Cara-cara tingkatkan produktivitas kerja yang bisa Anda kerjakan, diantaranya:

1. Bikin daftar serta agenda pekerjaan

Pekerjaan yang menumpuk dapat membuat kerepotan. Coba mengendalikannya perlahan-lahan dengan membuat daftar beberapa hal yang butuh Anda kerjakan. Dari mulai apa yang butuh Anda kerjakan sepanjang sehari, sampai 1 minggu. Tempatkan hal penting yang butuh Anda kerjakan dibagian teratas.

2. Sediakan tempat kerja Anda secara baik

Meja kerja yang amburadul bisa merusak konsentrasi Anda, mempersulit Anda pada cari dokumen atau kepentingan kerja yang lain, hingga bisa menghalangi produktivitas kerja. Coba untuk membenahi meja kerja Anda secara baik tanpa ada menempatkan kebanyakan barang, khususnya yang tidak terkait dengan pekerjaan.

3. Jauhi hal yang mengganggu konsentrasi

Konsentrasi adalah kunci dalam tingkatkan produktivitas kerja. Jadi, yakinkan Anda masih konsentrasi dengan menjauhi hal yang bisa mengganggu konsentrasi Anda. Contohnya dengan mematikan suara dering atau pemberitahuan di hp Anda.

Jika pekerjaan Anda sangat mungkin untuk dengarkan musik, karena itu pilih musik yang bisa menjaga konsentrasi. Contohnya musik instrumental yang membuat Anda masih konsentrasi.

4. Yakinkan ruang kerja Anda nyaman

Untuk tingkatkan produktivitas kerja, kenyamanan butuh dilihat. Bila Anda habiskan banyaknya waktu di meja kerja, yakinkan Anda memakai bangku yang nyaman dengan tinggi yang sesuai postur badan serta meja kerja (ergonomis). Ini penting untuk menghindarkan sakit di bagian punggung serta leher yang bisa mengganggu produktivitas kerja Anda.

5. Beristirahatlah sesaat

Tingkatkan produktivitas kerja bukan bermakna Anda terus terpaku pada pekerjaan tanpa ada lakukan istirahat sesaat. Paling tidak istirahatlah sepanjang 15 menit untuk kembalikan tenaga serta semangat. Lakukan banyak hal seperti keluar ruang, membaca novel, lakukan pengenduran mudah, atau dengarkan musik.