5 Cara Mencegah Penyebaran Virus Chikungunya

5-Cara-Mencegah-Penyebaran-Virus-Chikungunya
Foto dari Canva

Hati-hati Anda terhadap penyakit flu tulang yang acap disebut orang sebagai penyakit chikungunya. Sebenarnya, tidak ada istilah medis tentang flu tulang kecuali gejala nyeri persendian yang mengarah pada jenis penyakit tertentu. Salah satu penyakit yang ditandai dengan nyeri sendi dan otot parah adalah chikungunya. Penyebab flu tulang pada penderita chikungunya adalah gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang membawa virus dari orang yang terinfeksi.

Mencegah Terjangkit Virus Chikungunya

Chikungunya akan mudah menyebab sebab nyamuk yang menggigit orang terinfeksi akan menularkan pada orang lain. Apalagi Anda yang tidak menjaga kebersihan diri dan lingkungan, maka risiko tertular penyakit chikungunya sangat tinggi. Penyebab flu tulang yang Anda alami karena infeksi virus yang sudah menyebar lewat pembuluh darah. Supaya Anda terhindar dari gejala meriang, demam tinggi, nyeri sendi, sakit kepala, dan lemas, maka terapkan cara mencegah penyebaran virus chikungunya berikut :

1. Menutup tempat penampungan air

Semua tempat penampungan air di rumah harus Anda tutup rapat guna mencegah perkembangbiakan nyamuk di rumah. Jangan lupa untuk rajin menguras bak penampungan minimal setiap 3-7 hari sekali, ya! Untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk di bak kamar mandi dengan menaburkan abate yang bisa mencegah pertumbuhan jentik-jentik nyamuk.

2. Membersihkan area sekitar rumah

Hindari membiarkan ada tempat perkembangbiakan nyamuk dari botol bekas yang terisi air, apalagi musim penghujan yang rentan menjadi waktu perkembangbiakan nyamuk. Bersihkan rumput yang meninggi dan kubur sampah anorganik yang bisa terurai tanah agar tidak memicu nyamuk betah di sekitar rumah Anda, ya!

3. Hentikan menggantung pakaian di dalam rumah

Bila Anda memiliki pakaian yang belum kering atau pakaian yang baru dipakai pun, hindari menggantung pakaian di dalam rumah. Hal ini bisa membuat nyamuk betah berada di rumah Anda karena tumpukan pakaian kotor tersebut.

4. Menanam tumbuhan yang bisa mengusir nyamuk

Anda bisa mencegah penyebaran nyamuk pembawa virus chikungunya, demam berdarah dan malaria dengan menanam tumbuhan yang bisa mengusir nyamuk. Ada beberapa pilihan tumbuhan yang efektif mengusir nyamuk yang bisa Anda tanam di dalam rumah yaitu lavender, rosemary, geranium, peppermint, dan lain-lain. Menanam bunga marigold di taman rumah juga bisa membantu mengusir keberadaan nyamuk, lho!

Aroma tanaman yang tajam membuat nyamuk tidak betah sehingga mereka akan pergi sendiri. Dijamin rumah Anda bisa bebas dari nyamuk sekaligus memiliki pemandangan yang lebih indah dan asri. Segera tanam jenis tanaman pengusir nyamuk dan letakkan di pojok ruangan rumah atau kamar Anda.

5. Memasang kawat anti nyamuk di ventilasi

Pasang kawat anti nyamuk di ventilasi agar nyamuk tidak bisa masuk ke dalam rumah. Anda juga bisa memakai kelambu tidur atau obat nyamuk yang efektif mengusir nyamuk yang sebabkan penyakit. Oleskan losion anti nyamuk pada kulit Anda dan anggota keluarga lain untuk mencegah gigitan nyamuk pembawa virus chikungunya atau lainnya. Pada jam-jam krusial seperti pagi hari, usahakan untuk memakai pakaian panjang sebab nyamuk Aedes aegypti acap keluar dan menggigit pada masa itu.

Kini Anda sudah paham bahwa penyebab flu tulang bukan karena ada masalah pada tulang, tetapi persendian terasa nyeri sebab Anda mengalami gejala penyakit tertentu. Selain penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk, gejala nyeri sendi juga terjadi pada kasus osteomielitis, rheumatoid arthritis dan influenza. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter bila Anda alami demam, nyeri sendi parah, pusing atau lemas untuk mengetahui jenis penyakit dan cara penanganan yang tepat, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.