Karena kegigihan serta kerja kerasnya, Jack Ma sekarang jadi orang paling kaya di China. Dia membangun perusahaan e-commerce bernama Alibaba. Diperjalanan karirnya, Jack Ma pernah tidak diterima seringkali waktu melamar pekerjaan, satu salah satunya saat dia melamar di KFC. Dari 24 orang pelamar, cuma dianya saja yang tidak selamat, sedang 23 orang yang lain sukses jadi karyawan restauran cepat saji itu.

Forbes mengatakan, Jack Ma mempunyai kekayaan US$ 37,4 miliar atau seputar Rp 499 triliun.

Bagaimanakah cara sukses Jack Ma dalam membangun perusahaan Alibaba? Berikut langkah Jack Ma jadi sukses dalam usaha:

1. Banyak Belajar dari Faksi yang Sudah Sukses

Seperti dalam dengan Amazon serta eBay, Alibaba ialah satu perusahaan perdagangan di internet. Tetapi yang membedakannya ialah Alibaba tidak betul-betul mempunyai persediaan atau jual barang. Perusahaan ini cuma jadi penghubung, hingga dapat kumpulkan komisi atas jasa-jasanya. Berikut salah satunya mode usaha yang paling scalable serta memberikan keuntungan.

2. Inovatif, Krearif serta Berpikir Unik

Beberapa orang yang sukses dalam perolehan finansial ialah beberapa orang yang mempunyai pertimbangan gawat, kreatif, serta membuat beberapa hal unik. Serta Jack Ma mempunyai ciri-ciri itu. Pemikirian yang kreatif serta inovatif membuat perusahaan itu berkembang.

3. Lihat Kesempatan

Dibalik permasalahan besar nyatanya peluang ada kesempatan besar. Saat Jack Ma mulai membangun usaha e-commerce, dia lihat jika permasalahan penting yang seringkali ditemui oleh entrepreneur kecil di China saat itu ialah kurangnya infrastrutur serta beberapa pihak tutor sebagai jembatan buat beberapa entrepreneur kecil. Serta pada akhirnya Jack Ma membaca lalu manfaatkan keadaan itu jadi kesempatan mungkin.

4. Mempunyai Visi Besar serta Membuat Jaringan

Saat meniti bisnisnya, Jack Ma mempunyai kepercayaan internet akan dapat memperantai dunia usaha, terutamanya buat masyarakat China. Untuk wujudkan visinya itu, Jack Ma membuat koneksi yang kuat, dimana awalannya dia menarik dana investasi dari teman-temannya.

5. Punyai spirit

Jack Ma tetap mengaplikasikan pada beberapa pegawainya untuk kerja dengan spirit. Bila satu orang kerja sepenuh hati, karena itu hasilnya juga semakin lebih optimal. Orang tidak merasakan jemu serta capek, sebab pekerjaan itu di bagian yang disenangi.