Kulit masih sehat, halus, kencang, serta tidak keriput walau umur tidak muda pasti jadi kemauan beberapa orang. Karena itu, beberapa sel badan butuh dijaga dari paparan radikal bebas serta dampak negatifnya. Salah satunya triknya dengan konsumsi makanan yang kaya anti-oksidan.

Kandungan nutrisi serta anti-oksidan pada makanan sehat bukan sekedar jaga ketahanan badan, tapi dapat memberi beberapa faedah pada kulit, terhitung membuat kulit kelihatan lebih muda. Di bawah ini ialah beberapa makanan yang menaruh rahasia awet muda di dalamnya.

1. Sayuran serta Buah-buahan Berwarna

Buah serta sayuran berwarna jelas kaya anti-oksidan yang bisa menolong menahan kehancuran beberapa sel kulit. Misalnya sayuran hijau, tomat, wortel, semangka, alpukat, serta blueberry. Tidak itu saja, buah anggur banyak terkandung anti-oksidan, yang dapat turunkan efek penuaan awal pada kulit.

Janganlah lupa untuk konsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan banyak vitamin C serta E. Tidak hanya berperan jadi anti-oksidan yang membuat perlindungan kulit dari kehancuran karena radikal bebas, vitamin C diperlukan untuk membuat kolagen yang membuat kulit masih kenyal. Untuk mengoptimalkan dampak vitamin C serta vitamin E pada kulit, Anda dapat memakai pelembap yang memiliki kandungan ke-2 vitamin itu.

Konsumsi sayur dan buah telah dapat dibuktikan bisa menolong menahan munculnya keriput. So, setiap saat makan, janganlah lupa isi 1/2 piring Anda dengan buah-buahan serta sayuran.

2. Ikan yang Kaya Omega 3

Omega 3 pada makanan laut, seperti ikan kembung, tongkol, sarden, serta tuna, menolong menyembuhkan peradangan akut, tingkatkan mood, serta membuat perlindungan kulit dari paparan cahaya matahari yang beresiko. Jadi, upayakanlah konsumsi ikan paling tidak 2 bagian tiap minggu.

Omega 3 bukan sekedar bisa diketemukan pada hewan, dan juga pada tumbuhan, seperti kenari, flaxseed, telur, serta minyak kanola. Makanlah beberapa jenis makanan ini untuk memenuhi konsumsi omega 3 Anda.

3. Makanan Utuh (Whole Foods)

Menurut riset, konsumsi makanan utuh dapat turunkan efek kerutan serta penuaan awal pada kulit. Contoh makanan utuh yang disarankan ialah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, telur, yogurt, minyak dengan kandungan lemak sehat, serta nasi merah. Beberapa pakar yakin jika faedah makanan utuh untuk awet muda ialah karena kandungan anti-oksidan, fitokimia, serta lemak sehat di dalamnya.

4. Teh Hijau

Teh hijau sarat akan anti-oksidan polifenol yang bisa membuat perlindungan kulit dari bahaya cahaya matahari, menahan kehancuran pada DNA sel kulit, dan kurangi dampak radikal bebas. Diluar itu, teh hijau baik jadi minuman untuk memenuhi cairan badan.

5. Cokelat

Cokelat hitam kaya dengan anti-oksidan flavonoid yang ampuh membuat perlindungan kulit dari kehancuran karena cahaya matahari. Tetapi, pilih cokelat murni (dark chocolate), bukan cokelat yang banyak ditambah lagi gula. Ini sebab makanan manis malah bisa membuat kulit bertambah cepat alami penuaan awal.

Tidak hanya memenuhi nutrisi tersendiri dari makanan, ada rahasia awet muda lain yang penting dikerjakan, yakni kurangi depresi, tidak merokok, memakai tabir surya waktu melakukan aktivitas dibawah sinar matahari, serta teratur menggunakan pelembap. Sesudah tahu beberapa rahasia awet muda ini, Anda butuh menjalaninya dengan berkelanjutan, supaya terus kelihatan awet muda berapa saja umur Anda.