Rutinitas jelek yang bisa mengakibatkan kerusakan kulit tidak selamanya terkait dengan rutinitas malas bersihkan atau menjaga kulit muka. Salah pilih produk perawatan atau salah menjaga kulit dapat datangkan permasalahan. Berikut beberapa rutinitas yang dapat mengakibatkan kerusakan kulit muka kita.

1. Memakai kosmetik dengan kandungan terlalu berlebih

Mulai saat ini, pilih kosmetik dengan kandungan yang sesuai type kulit kamu. Untuk kulit kering atau peka, semestinya jauhi penggunaan produk yang memiliki kandungan alkohol, pewangi, retinoid, atau alpha hydroxy acid. Beberapa zat itu akan membuat kulitmu jadi makin kering serta iritasi.

Sedang produk dengan kandungan cetearyl alcohol, masih dibolehkan. Cetearyl alcohol mempunyai susunan kimia yang berlainan dari alkohol biasa. Alkohol type ini malah bisa melembapkan serta tidak mengiritasi kulit.

2. Tidur dengan make-up masih melekat di muka

Tidur tanpa ada bersihkan make-up membuat kotoran serta tersisa make-up menumpuk di muka. Mengakibatkan, pori-pori kulit jadi terhalang sampai muncul jerawat. Jadi, janganlah lupa selalu untuk bersihkan kosmetik yang melekat di kulit wajahmu sebelum tidur.

3. Menumpuk bakteri dalam kuas serta spon

Kuas atau spon kosmetik yang tidak dibikin bersih dengan teratur dapat jadi tempat berkumpulnya bakteri, hingga mengakibatkan infeksi di kulit muka saat dipakai.
Untuk menghindarkan infeksi ini, membersihkan kuas atau spon make-up tiap minggu dengan air hangat serta sabun yang memiliki bahan lembut.

4. Memakai scrub kulit terlalu berlebih

Rutinitas jelek lain yang punya potensi mengakibatkan kerusakan kulitmu ialah memakai scrub terlalu berlebih. Bila sering bersihkan muka dengan scrub, kulit bisa kehilangan minyak alami serta alami iritasi.

Scrub muka cukup dikerjakan satu atau 2x dalam satu minggu, serta semestinya jauhi penggunaan scrub bila kulit muka sedang kering atau iritasi.

5. Mandi kelamaan

Sedapat mungkin, jauhi rutinitas mandi begitu lama, sebab bisa mengakibatkan kerusakan kulit. Cukup mandi sepanjang 5-10 menit. Waktu mandi atau bersihkan muka, semestinya pakai air hangat atau dingin. Rutinitas mandi begitu lama atau sering mandi air panas malah bisa mengakibatkan kerusakan kulit muka.

Tidak hanya banyak hal di atas, rutinitas merokok, konsumsi minuman mengandung alkohol, seringkali depresi, senang ngemil makanan manis, serta kurang tidur dapat membuat kulit muka kelihatan kusam serta menua.