5 Tips Aman Kirim Paket Ke Dalam atau Luar Negeri

  • Whatsapp
5-Tips-Aman-Kirim-Paket-Ke-Dalam-atau-Luar-Negeri
Foto dari Canva Pro

Mengirimkan barang baik yang berlokasi di dalam maupun luar negeri harus sangat memperhatikan pemilihan ekspedisi dan biaya yang dikenakan. Sebab ongkir ke Arab Saudi atau daerah lainnya akan mempengaruhi budget yang dikeluarkan.

Selain memastikan masalah biaya, Anda juga harus memperhatikan mengenai pengiriman barangnya, apakah barang tersebut boleh dikirimkan dan bagaimana packingnya supaya aman. Apalagi jika pengiriman ke luar negeri, tentunya packing harus benar-benar aman.

Tips Aman Kirim Barang

Bagi Anda yang saat ini hendak melakukan pengiriman barang baik antar pulau di dalam negeri atau ke luar negeri, ada beberapa tips agar pengiriman aman dan bisa utuh sampai ke tujuan, yaitu:

1. Pastikan Dahulu Barang yang Hendak Dikirim Boleh Dikirimkan

Ada barang-barang tertentu yang masuk daftar barang yang tidak boleh dikirimkan melalui ekspedisi dengan berbagai alasan. Apalagi untuk pengiriman antar negara biasanya masing-masing negara tujuan memiliki daftar sendiri. Apabila Anda ingin mengirimkan barang, terlebih jika tujuannya ke luar negeri, sebaiknya cek dahulu apakah barang tersebut masuk daftar hitam atau tidak.

2. Cek Dulu Ekspedisi Mana Bisa Mengirimkannya

Setelah tahu bahwa barang bisa dikirim, kemudian Anda harus melakukan pengecekan mengenai ekspedisinya. Sebab tidak semua ekspedisi bisa mengirimkan semua barang. Bisa jadi saat Anda datang atau meminta pick up paket malah tidak bisa mengirimkannya, karena layanan pengiriman tidak bisa mengirimkan barang tersebut.

3. Cek Dulu Berapa Ongkos Kirimnya

Mengecek berapa ongkos kirim yang dikenakan juga penting, sebab akan menentukan berapa biaya Anda kenakan. Ongkos kirim akan berbeda tergantung tujuan dan jenis layanan, juga perusahaan layanannya. Tentu saja biaya ongkir dalam negeri akan berbeda dengan ongkir ke Arab Saudi.

 Dengan melakukan pengecekan dulu, Anda bisa mempersiapkan berapa biaya harus dibayar. Bisa lakukan pengecekan online di situs layanan yang Anda pilih untuk melihat daftar biaya kirim ini.

4. Packing Barang dengan Aman

Jika sudah melakukan semua pengecekan di atas, Anda tinggal melakukan packing barang dengan sebaik mungkin. Sesuaikan cara packing dengan jenis barangnya. Misalnya Anda akan mengirimkan barang pecah belah, maka harus mempacking dengan pelindung ganda dan memberikan lambang fragile.

5. Tulis Alamat Tujuan dengan Jelas

Terakhir, Anda harus menulis alamat penerima dengan jelas dan harus bisa terbaca dengan baik. Banyak paket tidak bisa sampai ke tangan penerima karena alamat tujuan yang kurang jelas. Jadi, harus Anda perhatikan dengan baik penulisannya.

Melakukan pengiriman barang kemanapun tujuannya harus memperhatikan dengan baik segala aspek yang sudah disebutkan di atas. Terlebih lagi ketika akan mengirimkan barang ke luar negeri, karena tujuannya jauh. Kalau Anda ingin mengirimkan barang ke luar negeri, misalnya Arab Saudi, pastikan cek ongkir ke Arab Saudi dan pelayanan dari ekspedisi terpercaya sehingga pengiriman aman hingga sampai tujuan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *