5 Tips Memilih Aplikasi Lapor Pajak Online yang Aman dan Terpercaya

  • Whatsapp
5-Tips-Memilih-Aplikasi-Lapor-Pajak-Online-yang-Aman-dan-Terpercaya
Foto dari Canva

Zaman sekarang semuanya sudah berjalan serba canggih dan menggunakan sistem digital. Bahkan termasuk proses pelaporan pajak yang kini semakin mudah berkat adanya fitur elektronik yang tersedia. Telah hadir beberapa pilihan aplikasi lapor pajak online yang siap membantu para wajib pajak untuk memenuhi kewajiban pajak secara cepat dan akurat.

Memilih Aplikasi Pajak

Saat ini memang tak sulit untuk menemukan aplikasi pelaporan pajak. Jenis aplikasi yang beredar dan bisa digunakan pun sekarang sudah semakin beragam. Tentunya setiap aplikasi hadir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai spesifikasi yang ditawarkan. Agar tak salah pilih, berikut ini adalah 5 tips yang bisa dilakukan saat akan menggunakan aplikasi pajak berbasis online:

1. Pastikan Legal

Poin penting pertama yang harus diperhatikan saat akan menggunakan layanan aplikasi pelaporan pajak online adalah legalitasnya. Penting untuk dipahami bahwa urusan pajak ini bukan suatu hal yang main-main dan bisa dianggap sepele. Pajak berhubungan langsung dengan urusan negara dan Anda tentu saja tidak bisa sembarangan memilih aplikasi untuk pengurusan pajak.

Sebelum menggunakan layanan aplikasi pajak, cek dulu legalitasnya. Pastikan bahwa aplikasi tersebut memang legal dan sudah mendapatkan izin dari negara untuk mengurus masalah perpajakan. Biasanya aplikasi yang sudah terdaftar secara legal akan menampilkan nomor SK yang sudah diberikan oleh pihak DJP. Jika memang sudah ada nomor SK berarti aplikasi tersebut memang bisa dipercaya.

2. Pilih yang Sudah Terintegrasi

Gunakan jenis aplikasi yang semua sistemnya sudah terintegrasi. Salah satu tujuan pemakaian aplikasi dalam proses pelaporan pajak ini adalah agar prosesnya bisa lebih praktis dan mudah. Oleh sebab itu pastikan semua sistemnya telah terintegrasi. Dengan begitu langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proses pelaporan dan pengurusan pajak akan jauh lebih mudah.

Bagaimana caranya mengetahui apakah sistem dalam aplikasi sudah terintegrasi atau belum? Mudah saja, Anda bisa melihat bagaimana prosedur pelaporan dan pengurusan pajak di aplikasi tersebut. Jika memang sudah terintegrasi maka prosedurnya akan jauh lebih praktis dan tidak menggunakan banyak langkah.

3. Gunakan Aplikasi yang Mudah Dipakai

Saat ini ada banyak jenis aplikasi yang bisa Anda temui namun belum tentu semuanya praktis atau mudah untuk digunakan. Pilihlah jenis aplikasi pajak yang cara penggunaannya mudah. Lihat saja dari tampilannya yang simple dan prosedurnya yang mudah untuk diikuti.

Proses pelaporan pajak mungkin akan terasa sulit bagi sebagian orang. Memang benar jika proses ini membutuhkan langkah-langkah yang harus dicermati dengan baik. Oleh sebab itu pastikan aplikasi lapor pajak online yang Anda gunakan bisa mempermudah proses tersebut. Jangan sampai penggunaan aplikasi tersebut malah membuat Anda jadi merasa lebih kesulitan.

4. Perhatikan Kelengkapan Fitur

Cek dulu fitur apa saja yang dihadirkan oleh aplikasi tersebut. Penting sekali untuk memeriksa kelengkapan fitur yang tersedia agar Anda tahu apa saja fasilitas yang bisa didapatkan. Sebaiknya memang aplikasi tersebut menyediakan fitur yang lengkap sehingga semua proses pengurusan pajak bisa selesai dengan mudah dan cepat tanpa perlu ribet.

Biasanya setiap aplikasi memang akan menawarkan fitur yang berbeda. Namun secara umum memang aplikasi pelaporan pajak akan menawarkan fitur yang hampir sama. Tinggal cari saja mana aplikasi yang fiturnya paling lengkap dan memang efektif untuk digunakan. Semakin lengkap fitur yang tersedia tentu akan semakin baik, asalkan memang fitur tersebut dapat dipakai secara efektif.

5. Cek Kelengkapan Data

Jangan lupa cek kelengkapan data yang akan Anda peroleh jika melakukan pelaporan pajak lewat aplikasi tersebut. Cari tahu apa saja dokumen yang akan disediakan oleh aplikasi kepada wajib pajak. Pastikan bahwa dokumen-dokumen tersebut memang dibutuhkan dan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Misalnya, cek apakah aplikasi akan memberikan Bukti Penerimaan Elektronik dari DJP atau tidak.

Itulah tadi 5 tips yang dapat diterapkan untuk menentukan pilihan aplikasi lapor pajak online yang aman dan terpercaya. Pastikan untuk menggunakan aplikasi yang memang sudah terbukti legal dan bisa diandalkan soal urusan pajak. Aplikasi ini akan menampung data-data penting Anda sehingga harus benar-benar dipilih aplikasi yang tepat dan terjamin aman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *