Malang kota yang dingin, tapi tentu tak sedingin senyumanmu. Bicara sedikit soal Malang yang terlintas di pikiran kita pasti adalah kuliner. Salah satu kota kuliner di Indonesia. Tapi apakah Anda benar-benar tahu bahwa ada oleh-oleh khas Malang yang harus Anda coba sebelum mati. Tentu kita semua perlu mencobanya meski sekali dalam hidup.

Dua Tipe Kuliner di Malang

Sebenarnya kuliner di Malang terbagi menjadi dua jenis. Jenis pertama merupakan tipe main course atau makanan utama teman kita santap bersama keluarga. Tipe kedua adalah tipe dessert adalah tipe makanan penutup yang juga nyaman di lidah. Menu makanan utama rasanya cenderung asin dan berat, namun kalau dessert akan dominan manis dan sedikit asam.

Kedua tipe ini punya fungsi sendiri-sendiri. Selain punya makanan lezat, Malang juga punya jajanan maupun cemilan yang enak. Kita pasti pernah mendengar bahwa jajanan Malang ini sudah melanglang buana hingga ke seluruh Nusantara. Semua itu disebabkan oleh bagaimana Malang mengolah masakannya dan membawanya ke dalam tatanan budaya agar terus lestari.

Makanan di Kota Malang yang Wajib Dicoba

Ada beberapa makanan yang memang harus Anda cicipi jika Anda pergi ke Malang. Makanan ini tidak boleh Anda lewatkan karena dia merupakan roh dari kota Malang. Mulai dari menu utama hingga makanan penutup semua tersedia. Apa sajakah makanan yang harus kita coba itu? Berapa makanan itu adalah:

  • Bakso Malang

Salah satu legenda besar yang terkenal di Indonesia yakni bakso Malang. Menawarkan rasa yang unik cita rasa yang cantik dan juga taste umami yang tak terlupakan.

  • Rawon

Rawon punya cita rasa unik ditambah dengan kluwek yang membuat rasa yang pasti jaran Anda rasakan itu menari-nari di lidah Anda.

  • Strudel Malang

Ini dia yang agak unik, jajanan tipe roti Strudel ini begitu jarang kita dapat temui di kota kota lain.

  • Apel Malang

Kalau mau mengingat Malang selain gadis cantik ya pasti apelnya. Apel dari Malang ini telah terkenal rasanya manis dan juga segar selalu. Jelas apel dari Malang ini tak boleh Anda lewatkan saat Anda pergi ke Malang.

  • Keripik Apel Malang

Keripik ini terbuat dari olahan apel Malang yang jelas rasanya lezat.

  • Bakso Bakar

Bakso Malang saja sudah enak apalagi kalau dibakar pasti rasanya tak dapat kita handle dengan perasaan.

Ada begitu banyak oleh-oleh khas Malang yang dapat Anda nikmati. Pilihan untuk memilih dari yang asin hingga yang manis merupakan hak dan kebebasan setiap insan. Jangan lupa jika Anda berlibur ke Malang pastikan Anda makan salah satu dari rekomendasi tersebut.