Berbau mulut berlangsung sebab kebersihan mulut tidak terbangun secara baik, hingga muncul plak gigi atau ‘jigong’, serta ada bakteri yang memunculkan berbau. Berbau mulut adalah permasalahan yang seringkali dirasakan pasien pada dokter gigi, di samping gigi berlubang serta gusi abuh. Di dunia kedokteran, berbau mulut diketahui dengan arti halitosis.

Hal penting yang perlu dikerjakan untuk menahan serta menangani berbau mulut ialah jaga kebersihan gigi serta mulut. Di bawah ini ialah langkah jaga kebersihan gigi serta mulut yang bisa Anda kerjakan di dalam rumah:

1. Menggosok gigi 2x satu hari

Sikatlah gigi saat pagi hari serta malam hari sebelum tidur, memakai sikat gigi dengan bulu sikat yang halus serta pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride.

2. Bersihkan lidah

Bukan sekedar gigi, lidah butuh dibikin bersih dengan teratur. Membersihkan lidah dengan sikat spesial lidah atau tongue scraper. Jika ingin memakai sikat gigi, pilih sikat berbulu lembut. Kerjakan pembersihan lidah dengan lembut serta tak perlu mendesak begitu keras, sebab bisa mengakibatkan lidah terluka.

3. Bersihkan antara gigi dengan benang gigi (dental floss)

Sesudah makan, kadang ada tersisa makanan yang menyempil di celah gigi serta susah untuk dibikin bersih cukup dengan menggosok gigi. Ini bisa ditangani dengan dental floss. Bersihkan antara gigi bukan sekedar dikerjakan saat ada makanan yang terselip, tapi butuh dikerjakan dengan teratur sesudah menggosok gigi. Langkah berikut dapat turunkan efek berlangsungnya berbau mulut dengan relevan.

4. Berkumur dengan obat kumur

Obat kumur atau mouthwash bisa menolong menahan terbentuknya plak gigi yang dapat memunculkan berbau mulut. Hal yang butuh Anda lihat pada saat pilih obat kumur ialah kandungannya. Semestinya jangan sering memakai obat kumur yang memiliki kandungan alkohol. Pada umumnya, pemakaian obat kumur yang terlalu berlebih malah bisa menyebabkan infeksi jamur.

Hal-hal lain yang butuh Anda lihat ialah waktu yang pas untuk memakai obat kumur. Jangan memakai obat kumur langsung sesudah sikat gigi, sebab bisa mencuci kandungan baik dari pasta gigi yang melekat pada permukaan gigi, seperti fluoride. Pakailah obat kumur di waktu yang berlainan dengan menggosok gigi, contohnya sesudah makan siang, atau sesuai dengan saran dokter gigi.

5. Kunyah permen karet

Untuk menahan mulut kering yang bisa memunculkan berbau mulut, kunyahlah permen karet yang tidak memiliki kandungan gula. Kunyah permen karet bisa merangsang produksi air liur.

6. Perbanyak minum air putih

Mulut yang kering akan menyebabkan munculnya berbau mulut. Hingga butuh perbanyak minum air putih. Anda bisa lihat warna urine untuk memandang kecukupan air yang Anda mengonsumsi. Warna urine kuning pucat serta bening mengisyaratkan Anda cukup minum air putih.

7. Teratur periksakan gigi ke dokter gigi

Dengan teratur periksakan gigi serta mulut ke dokter gigi, yakni tiap 6 bulan sekali, permasalahan pada rongga mulut yang dapat mengakibatkan berbau mulut bisa terdeteksi semenjak awal serta selekasnya ditangani.