Ketupat menjadi menu yang dirindukan pada saat hari lebaran. Setiap berkunjung ke rumah saudara pasti akan menyediakan ketupat untuk hidangan makanan berat. Namun, tentunya akan lebih nikmat apabila dihidangkan dengan makanan pendamping ketupat berikut ini.

Makanan Lezat yang Cocok Disantap dengan Ketupat

Biasanya ketupat disajikan dengan opor ayam namun tak hanya opor ayam, ketupat bisa disajikan dengan berbagai macam aneka makanan yang tak kalah lezat dibandingkan opor. Nah, berikut makanan yang cocok disajikan bersama dengan ketupat.

1. Sayur Labu

Makanan berkuah satu ini juga bisa disajikan dengan ketupat. Makanan yang terbuat dari labu kuning dan juga kuah santan ini menjadi makanan favorit selain opor ayam. Biasanya sayur labu dimasak dengan bumbu gurih dan juga pedas.

2. Sambal Goreng Ati

Makanan ini terbuat dari hati sapi dan potongan ayam yang kemudian dimasak dengan bumbu pedas. Biasanya sambal goreng ati dijadikan lauk apabila makan dengan ketupat. Jika Anda suka, bisa juga menambahkan kuah opor.

3. Rendang

Rendang berbeda dengan semur daging, rendang dimasak dengan rempah khas dan santan sehingga rasanya lebih gurih. Namun, ada juga yang memasak rendang dengan rasa yang pedas. Rendang sangat cocok disajikan dengan ketupat.

4. Gulai Nangka

Gulai nangka banyak juga dijumpai untuk lauk saat makan ketupat. Terbuat dari nangka muda, sayur ini terkenal dengan rasa gurihnya karena dimasak dengan santan dan berbagai bumbu-bumbu. Gulai nangka memiliki kuah berwarna jingga yang kental dan lebih enak disajikan dalam keadaan hangat.

5. Gulai Rampai

Makanan ini banyak disajikan di daerah Riau. Berbeda dengan masakan gulai nangka, bahan dasar gulai rampai adalah ikan asap yang direbus kemudian dimasak dengan bumbu khas yang gurih dan pedas.

6. Bakso

Tak banyak orang yang menyukai makan bakso dengan ketupat. Namun, rasa kuah bakso yang gurih mampu menambah kenikmatan rasa ketupat dan bulatan daging bisa dijadikan lauk pendamping ketupat.

7. Semur

Semur adalah makan khas Betawi yang biasanya disajikan bersama dengan opor ketika lebaran. Semur bisa dibuat dari beberapa bahan seperti tahu, tempe, kentang, telur dan daging.

Bagi Anda yang bosan makan ketupat dengan opor ayam, menu di atas bisa dijadikan makanan pendamping ketupat saat lebaran. Anda bisa memasak sendiri di rumah sesuai dengan selera Anda dan bisa makan bersama dengan keluarga.