Dibanding repot pikirkan peranan otak kanan atau kiri yang lebih menguasai pada diri Anda, lebih baik konsentrasi untuk melatih otak supaya tidak jadi pelupa bersamaan menambahnya umur. Berikut kiat-kiatnya:

1. Membaca

Perbanyaklah membaca, karena pekerjaan ini adalah latihan fundamen yang baik buat otak. Anda bisa membaca apapun, dari mulai media massa, buku novel, atau majalah. Semakin tinggi kualitas isi tulisan yang Anda baca, semakin baik juga dampaknya buat otak.

2. Menulis

Menulis adalah wadah untuk melatih potensi otak. Sebab saat menulis, Anda semakin lebih banyak berpikir. Bila masih bingung, awalilah menulis pekerjaan seharian atau suatu hal yang terkait dengan hoby. Bikinlah tulisan yang simpel jadi langkah pertama, atau coba menulis di website.

3. Lakukan olahraga dengan teratur

Melatih otak bukan sekedar lewat latihan pemikiran serta meningkatkan wacana, tetapi dengan berolahraga teratur. Beberapa studi menunjukkan jika mereka yang teratur olahraga mempunyai ingatan serta potensi konsentrasi yang lebih baik, dibanding mereka yang jarang-jarang bergerak. Ini disangka sebab olahraga bisa menolong membuat lancar saluran darah di otak, serta merangsang perbaikan beberapa sel saraf otak.

4. Meningkatkan kosa kata serta pelajari bahasa baru

Tambahlah kosa kata baru setiap hari. Dalami beberapa kata baru, baik dari buku atau kamus, jadi fasilitas latihan buat otak, khususnya pada bagian yang mengatur potensi berbahasa. Bentuk latihan seperti ini pas untuk memperhatikan kesehatan otak Anda.

5. Lakukan senam otak

Salah satunya langkah yang menyenangkan tetapi tidak kalah penting dalam melatih peranan otak ialah senam otak. Senam otak dapat dikerjakan dengan mainkan beberapa permainan yang menggerakkan Anda untuk berpikir, seperti terka kata serta teka-teki silang, atau permainan yang menyertakan potensi mengingat.

6. Melihat acara TV yang berguna

Jika Anda melihat TV, pilih program yang mendidik. Misalnya, film dokumenter atau film yang ajak Anda ikut menganalisis permasalahan di ceritanya.

7. Coba hoby baru

Jemu sebab kegiatan rutin seharian monoton serta itu-itu saja? Mungkin Anda dapat coba hoby baru, seperti memasak, berkebun, melukis, mainkan alat musik, atau traveling untuk menelusuri tempat serta situasi baru. Pelajari hal serta ketertarikan baru bisa membuat otak terasah serta terbiasa untuk belajar.

Tidak hanya cara-cara di atas, hal-hal lain yang tidak kalah penting untuk dikerjakan buat jaga peranan otak ialah merajut jalinan yang baik dengan orang lain, jalani pola hidup sehat, serta menangani depresi.

Mulai sekarang, Anda tak perlu pikirkan peranan otak mana yang lebih menguasai, apa yang kanan atau kiri. Ada hal yang lebih penting dari itu, yaitu melatih otak supaya masih bisa berperan secara baik. Ini adalah investasi periode panjang yang tidak ternilai.