Di rumah saja, merupakan salah satu langkah pencegahan virus corona yang paling efektif dilakukan. Asalkan semua anggota keluarga Anda bukan orang yang positif virus covid19, Anda akan terlindungi dari penularan jika tidak keluar rumah dan bertemu dengan orang lainnya. Akan tetapi tentu saja sebagai manusia, bisa saja merasa jenuh jika harus di rumah saja. Pandemi corona juga belum menunjukkan tanda-tanda membaik sehingga belum dipastikan kapan Anda harus diam di rumah hingga rasa bosan tersebut semakin menjadi-jadi. Namun, bukan tak ada hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kebosanan tersebut. Jika Anda kreatif maka ada banyak hal yang bisa dilakukan di rumah untuk mengusir kebosanan tersebut.

Ini dia beberapa daftar pekerjaan yang bisa Anda lakukan untuk mengusir kejenuhan akibat di rumah saja melawan covid19:

1. Mencoba resep-resep makanan baru.

Sebagai ibu rumah tangga, Anda bisa membeli buku resep secara online lalu mempraktekkannya di dapur. Aneka makanan baru dan enak tentu akan membuat suasana rumah lebih ceria. Anda juga bisa meminta bantuan anak dan suami untuk memasak bersama sehingga suasana menjadi lebih hangat.

2. Membersihkan rumah.

Waktu di rumah saja merupakan waktu yang tepat untuk bisa membersihkan rumah secara keseluruhan. Tidak perlu dilakukan dalam satu hari namun lakukan dengan menyenangkan misalnya di hari ini membersihkan bagian taman dan teras, besok Anda bisa membersihkan dan mendekorasi ruang tamu, dan begitu seterusnya hingga semua bagian rumah mendapatkan perhatian.

3. Membuat kerajinan tangan.

Anda bisa membuat kerajinan tangan dari barang-barang bekas yang tak terpakai lagi. Misalnya membuat pot bunga dari botol plastik, membuat lap meja dari kaos yang tak terpakai dan sebagainya. Semakin banyak hari di rumah maka Anda akan bisa membuat banyak benda yang bermanfaat dari barang yang sudah tak bermanfaat.

4. Bermain dengan anak.

Menghabiskan waktu dengan si kecil menjadi waktu yang sangat berharga. Saat pandemi corona ini Anda akan memiliki banyak waktu luang untuk bisa menghabiskan waktu bersama sembari menanamkan nilai-nilai budi pekerti.

5. Berkebun.

Memiliki halaman belakang yang dulunya tak terpakai karena kesibukan, bisa Anda sulap menjadi kebun kecil untuk mengisi waktu luang yang saat ini menjadi lebih banyak. Tanamlah sayuran, bunga hingga rumput hias untuk mempercantik halaman sekaligus memfungsikannya sehingga lebih bermanfaat.

6. Memiliki hewan peliharaan.

Di rumah saja mungkin membuat Anda kebingungan harus melakukan apa lagi karena semuanya sudah dikerjakan. Atau Anda membutuhkan teman untuk beraktivitas bersama-sama. Mengadopsi hewan bisa menjadi sebuah solusi yang menyenangkan. Anjing, kucing, kelinci bahkan ikan dan reptil bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menemani Anda beraktivitas di rumah saja.

7. Membaca buku.

Membaca buku bisa menjadi kegiatan pembunuh bosan saat di rumah. Anda bisa membaca buku digital melalui perpustakaan online yang dikelola pemerintah.

Dengan berbagai tips di atas, masa di rumah saja sembari melawan pandemi corona akan terasa lebih cepat dan jauh dari kata bosan. Meski di rumah, namun jika Anda mengalami gejala sakit, jangan ragu untuk menghubungi dokter. Tak perlu datang langsung ke rumah sakit, jika gejala yang dialami tidak terlalu parah. Lakukan konsultasi secara online melalui Halodoc dimana Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis. Temukan juga berbagai informasi kesehatan yang bermanfaat di Halodoc untuk referensi dalam menjaga kesehatan keluarga.