Sejak 2 bulan terakhir, virus covid 19 telah meresahkan masyarakat dunia. Dan hampir dua bulan pula Indonsia memberlakukan social distancing untuk mencegah penyebaran virus covid 19 semakin luas. Akan tetapi, hingga hari ini sekitar 8000 orang dinyatakan positif terkena virus tersebut. Beberapa orang yang tidak tercatat jumlahnya mengalami gejala ringan corona. Jika anda salah satunya tidak perlu khawatir untuk jalankan ibadah puasa. Yuk simak tipsnya di sini!

Tips Aman Jalankan Puasa Bagi yang Alami Gejala Corona

1. Asupan Makanan Sehat

Bagi orang yang mengalami gejala corona pada tahap ringan, anda dapat menjalankan ibadah puasa. Hindari makanan atau minuman yang bergas dan bergula. Hal ini untuk menghindarkan anda dari penyakit lain yang menyertainya. Pastikan tubuh tercukupi asupan nutrisi dengan baik, seperti konsumsi makanan sehat. Anda dapat memilih protein, sayur, buah buhan, serta cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih.

2. Tidur Cukup

Bagi orang orang sehat yang menjalankan ibadah puasa dianjurkan untuk tidur lebih awal agar dapat menjalankan puasa dengan lancar. Hal tersebut juga berlaku untuk orang orang yang mengalami gejala corona pada tahap ringan. Pastikan tubuh tidak kelelahan dan tidur selama kurang lebih 7 jam setiap harinya. Tidur adalah cara tepat untuk melawan virus karena tubuh berada dalam kondisi yang prima.

3. Berhenti Merokok

Virus covid 19 yang menular kepada manusia ini menginfeksi sistem pernapasan, sehingga dianjurkan pada pasien gejala ringan corona untuk berhenti merokok. Masalah pernapasan yang ditimbulkan oleh virus ini sangat berbahaya, mulai dari batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak napas, hingga pneumonia. Jika anda berhenti merokok atau terpapar asap rokok, gejala yang anda alami tidak akan semakin parah.

Penyebaran virus covid 19 per bulan April ini semakin banyak, mulai dari pasien yang positif terpapar hingga pasien yang meninggal dunia. Akan tetapi, pasien yang dinyatkan sembuh pun juga tidak sedikit. Jika anda saat ini mengalami gejala corona pada tahap ringan, tidak perlu khawatir selama imunitas anda baik. Sistem imun yang baik memperbesar kemungkinan untuk sembuh. Oleh karena itu, pastikan asupan nutrisi dan tidur cukup, serta berhenti merokok.