Travelling ke luar negeri memang menyenangkan. Anda akan menemukan pengalaman dan pengetahuan baru. Namun sebelum Anda pergi, persiapan travelling luar negeri sangat penting dilakukan.

Apa Saja Perlu Disiapkan?

Segala perencanaan harus disiapkan dengan matang. Semua ini berkaitan dengan semua hal yang Anda perlukan ketika Anda akan berangkat dan selama Anda berada di sana. Berikut ada beberapa persiapan untuk travelling ke luar negeri:

1. Paspor dan Visa

Paspor merupakan benda yang sangat wajib Anda miliki ketika akan berpergian ke luar negeri. Paspor layaknya KTP yang kita gunakan saat Anda berada di luar negeri. Pastikan paspor yang Anda miliki aktif pada saat Anda mengurus tiket pesawat.

Selain paspor, visa juga harus Anda persiapkan. Ada beberapa negara yang mewajibkan Anda harus membawa visa. Visa digunakan jika Anda akan tinggal di negara tersebut dalam periode waktu tertentu.

2. Mata Uang

Sebelum Anda bepergian ke luar negeri, ada baiknya Anda menukarkan uang Anda ke mata uang negara tujuan Anda. Tukarkan uang sejumlah yang Anda butuhkan sebelum Anda berangkat agar tidak repot selama berada di sana. Namun jangan khawatir sekarang di luar negeri sudah banyak yang menyediakan jasa money changer.

3. Tiket Pesawat dan Hotel

Sebelum Anda bepergian ke luar negeri, Anda harus mempersiapkan pesawat apa yang ingin Anda gunakan untuk perjalanan Anda. Anda juga harus memesan hotel sebelum Anda sampai di sana. Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi online untuk memesan tiket pesawat dan hotel. Jangan lakukan ini secara mendadak karena akan membuat Anda repot.

4. Rencana Perjalanan

Rencana perjalanan berguna untuk membantu Anda membagi waktu kemana saja dan berapa lama Anda akan melakukan kunjungan ke negara tersebut. Jika Anda bisa membuat rencana perjalanan Anda sendiri tentunya Anda akan menghemat biaya jasa travel.

5. Asuransi Perjalanan

Saat Anda travelling ke luar negeri tentunya Anda menginginkan perjalanan yang nyaman dan aman. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan paspor dan koper, Anda juga perlu mempersiapkan asuransi perjalanan. Pilihlah asuransi perjalanan yang terpercaya yang bisa melindungi Anda selama travelling ke luar negeri.

Itulah beberapa persiapan travelling luar negeri yang bisa Anda siapkan. Jangan lupa untuk mempersiapkan hal-hal kecil juga seperti alat mandi, obat-obatan, travel adaptor, buku kamus kecil dan kamera.