Apa Saja yang Harus dipersiapkan untuk Umroh di tahun 2022?

Apa-Saja-yang-Harus-dipersiapkan-untuk-Umroh-di-tahun-2022
Foto dari Canva

Pada tahun 2022, pemerintah sudah memberikan sinyal hijau bagi warga negara Indonesia yang ingin melakukan ibadah Umroh. Walaupun virus Covid-19 masih ada, bagi kmu yang berencana untuk pergi umroh tahun ini ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Salah satunya adalah travel insurance. Apa itu travel insurance? Travel insurance adalah asuransi untuk perjalanan memiliki tujuan sebagai sebagai perlindungan terhadap diri sendiri selama kamu berada dalam perjalanan. Kamu bisa pilih travel insurance MSIG online yang bisa kamu akses dan beli dengan mudah. Kenapa harus membeli travel insurance? Tujuan dari memiliki travel insurance atau asuransi perjalanan adalah untuk memberikan perlindungn terhadap diri sendiri selama perjalanan. Lingkup perlindungan yang diberikan oleh travel insurance adalah risiko kecelakaan, sakit, hingga kematian. Tidak sampai situ, travel insurance memberikan perlindungan ketika mengalami kehilangan terhadap barang berharga, bagasi, paspor, atau barang lainnya selama perjalanan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa umroh pada tahun 2022 sudah dibuka kembali oleh pemerintah Indonesia. Namun ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh para calon jemaah unroh sebelum melaksanakan ibadah di tanah suci. Lalu, apa saja hal yang harus dipersiapkan dan syarat yang sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi?

Daftar Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan

1. Dokumen Penting

Dokumen penting merupakan hal yang wajib dibawa bagi para jemaah umroh seperti visa, paspor, tiket perjalanan pulang-pergi, serta kartu identitas dan segala kelengkapan secara administratif yang menyangkut jemaah tersebut. Tata dokumen dan simpan dengan baik agar dokumen tetap terjaga dan tidak tercecer bahkan hilang.

2. Jadwal Kegiatan

Tidak hanya ketika berlibur, ketika umroh juga pasti memerlukan jadwal kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya. Tujuan pembuatan jadwal kegiatan adalah agar umroh berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang direncanakan. Bagi jamaah sekarang tidak perlu khawatir dengan jadwal kegiatan yang biasanya dibagikan secara hardcopy, sekarang jadwal kegiatan semakin mudah dibagikan hanya dengan mengirimkannya ke surel atau via chat.

3. Komunikasi

Tidak hanya ponsel pintar saja yang harus diperhatikan, tetap bagi para jemaah ada baiknya untuk memilih kartu telepon yang bisa berfungsi dengan baik ketika sudah tiba di tanah suci. Pilih kartu telepon yang bisa memberikan kenyamanan baik dari segi berkomunikasi dan harga untuk menghubungi keluarga atau kerabat di tanah air. Selain itu, pastikan juga untuk mengandalkan WiFi yang tersedia untuk menghemat biaya. Selain itu, untuk berjaga-jaga simpan juga nomor telepon dari teman sekamar dan pemimpin rombongan.

4. Perlengkapan Pribadi

Persiapkan perlengkapan pribadi seperti perlengkapan mandi yang ringkas seperti sampo atau sabun cair dengan berukuran kecil, lalu pakaian, dan untuk jemaah perempuan sediakan pantyliner dan pembalut untuk berjaga-jaga. Bisa juga ditambahkan untuk membawa perlengkapan lain seperti selimut dan obat-obatan pribadi dan suplemen kesehatan.

5. Perlengkapan Ibadah

Hal terpenting adalah perlengkapan ibadah. Bagi wanita disarankan untuk membawa 2 set mukena dan laki-laki disarankan untuk membawa 2 set ihram serta ikat pinggang. Biasanya juga akan diberikan buku panduan doa dan dzikir umroh serta gunting kuku dan gunting kecil untuk persiapan ihram dan tahallul.

Syarat Jemaah Haji dan Umroh Tahun 2022

Sesuai dengan rekomendari Kementerian Kesehatan Arab Saudi, berikut adalah syarat jemaah Haji dan Umroh tahun 2022: (covid19.go.id)

  1. Berusia di bawah 65 tahun
  2. Sudah mendapatkan vaksin COVID-19 dosis lengkap yang diakui WHO
  3. Sudah mendapatkan vaksin meningitis
  4. Melampirkan hasil PCR negatif (maksimal 3×24 jam)
  5. Jangan lupa untuk membuat Sertifikat Internasional Arab Saudi (KSA[Tawakkalna] melalui aplikasi PeduliLindungi

Apakah kamu ada rencana untuk melakukan ibadah umroh pada tahun 2022 ini? Jika iya, semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi referensi kamu untuk membuat persiapan sebelum melakukan umroh.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.