Di Indonesia, tonjolan di kelopak mata seringkali diketahui dengan panggilan bintitan (hordeolum). Keadaan ini umumnya berlangsung karena infeksi bakteri yang menyerang kelenjar di mata. Walau sebenarnya tonjolan di kelopak mata dapat juga jadi adalah kalazion, yakni tonjolan seperti kista yang berlangsung sebab penimbunan cairan di kelopak mata.

Di bawah ini beberapa langkah mengobati tonjolan di kelopak mata yang dapat Anda kerjakan di dalam rumah:

1. Membersihkan ruang mata

Pada intinya, tonjolan berlangsung sebab terdapatnya kotoran atau benda asing yang melekat di kelopak mata. Jadi, membersihkan wilayah di seputar kelopak mata. Ambil bola kapas atau kain bersih, lalu celupkan ke air hangat serta membersihkan. Anda dapat lakukan pergerakan pijatan lembut sekalian bersihkan ruang itu.

Ulangilah cara itu paling tidak 3-4 kali satu hari. Yakinkan Anda telah membersihkan tangan terlebih dulu serta bola kapas dalam kondisi bersih. Kerjakan hal sama pada tonjolan karena kalazion untuk menahan penimbunan kotoran di ruang mata.

2. Jauhi memencet tonjolan

Tahan diri Anda tidak untuk memencet tonjolan itu, ditambah lagi mempunyai tujuan untuk keluarkan cairan di dalamnya. Ini cuma akan membuat kondisi tonjolan di kelopak mata makin lebih buruk. Serta, dapat jadi parah infeksi serta menebarkan kuman ke mata yang satunya. Diluar itu, hal itu dapat mengakibatkan sisa cedera yang berbentuk permanen.

3. Pakai salep antibiotik

Berikan salep antibiotik pada tonjolan yang dikarenakan oleh infeksi bakteri, sesuai saran dokter. Salep antibiotik ini bermanfaat untuk membunuh bakteri pemicu tonjolan di mata serta menolong memudahkan ketidaknyamanan di ruang itu.

Langkah pemakaiannya benar-benar gampang, Anda perlu memoleskan sedikit saja salep antibiotik di selama sisi dalam kelopak mata yang ada tonjolan. Kerjakan hal sama pada tonjolan yang dikarenakan kalazion.

4. Kompres dengan air hangat

Air hangat akan menolong memberikan rasa nyaman pada mata. Ambil handuk, lalu celupkan ke air hangat. Peras, selanjutnya lekatkan handuk itu di kelopak mata yang ada tonjolan. Kerjakan 3-4 kali satu hari sepanjang 5 menit. Anda dapat mengompres memakai kantong teh yang telah di celupkan ke air hangat jadi alternatif handuk.

Anda bisa coba mengatasi tonjolan di kelopak mata dengan beberapa cara di atas. Tetapi, perawatan di dalam rumah cuma berbentuk sesaat jadi perlakuan awal. Bila tonjolan benjolan di kelopak mata tidak selekasnya lebih baik, karena itu Anda dianjurkan untuk selekasnya konsultasi ke dokter mata agar diberi perlakuan yang pas.