Bayi akan sering dilakukan imunisasi hingga paling tidak berumur 2 tahun. Ketika imunisasi tentunya harus disuntikan, suntikan ini berfungsi melindungi mereka dari berbagai penyakit berbahaya.

Namun, imunisasi bisa jadi menjadi momen yang sulit bagi Si Kecil ataupun Moms. Sehingga tidak heran jika kemudian banyak orang tua baru yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat bayi nyaman saat diimunisasi.

Berikut merupakan beberapa cara menenangkan dan membuat bayi nyaman selama imunisasi dari para dokter yang bisa Moms coba terapkan pada buah hati.

1. Menggendong

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, orang tua harus tetap berada di dekat bayi sehingga bisa mengalihkan perhatian dan menenangkan mereka selama imunisasi.

Ketika sedang melakukan imunisasi Bayi maka Moms bisa sambil menggendongnya agar ayi merasa nyaman. Cara menggendong bayi ketika imunisasi sama saja, hanya pastikan agar lengan atas atau pahanya terbuka sehingga dokter bisa memberikan suntikan dengan leluasa.

2. Menyusui

Menyusui bisa membantu membuat bayi nyaman selama imunisasi. Sebab menyusui dapat menenangkan bayi dan meringankan rasa sakit akibat suntikan selama imunisasi.

Bahkan cara ini dianggap lebih baik dibandingkan memberikan semprotan penghilang nyeri. Untuk waktu yang direkomendasikan adalah sebelum atau setelah dokter memberikan suntikan pada bayi.

3. Alihkan Perhatian Bayi Pada Hal yang Disukai

Mengalihkan perhatian bayi adalah salah satu langkah yang juga disarankan untuk membantu mengurangi rasa sakit karena imunisasi.

Jadi, jangan lupa untuk membawa mainan atau benda yang disukai oleh Si Kecil. Biarkan ia memegang mainan favoritnya selama dokter melakukan imunisasi.

4. Tetap Tenang Selama Imunisasi

Jika Moms cemas, bayi akan merasakannya dan mereka juga akan menjadi cemas. Cobalah untuk bersikap tenang, tunjukkan kasih sayang Moms seperti biasanya, dan jangan sampai tampak merasa bersalah.com.

5. Membuat Bayi Nyaman Selama Imunisasi dengan Pijatan

Berikan pijatan ringan ke kaki bayi segera setelah disuntik. Cara ini dipercaya bisa membantu mengurangi rasa nyeri dari suntikan di kulit bayi dan vaksin yang masuk ke dalam ototnya.

Jangan lupa perhatikan hal lainnya untuk membuat bayi nyaman seperti pakaian dan popoknya. Gunakanlah pakaian yang nyaman ketika imunisasi dan pastikan popoknya nyaman. Gunakan popok Merries yang nyaman digunakan bayi karena memiliki permukaan yang lembut.