Perangkat mobil yang satu ini jarang sekali di cek oleh pemiliknya. Padahal apabila terjadi kerusakan dan Anda tidak mengetahuinnya akan mengakibatkan hal fatal. Mungkin bagi sebagian orang mereka tidak mengetahui cara memeriksa poros gardan  yang cepat dan mudah.

Bagaimana Cara Memeriksa Poros Gardan?

Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi bila tiba-tiba terjadi kerusakan pada poros gardan. Bisa dibayangkan apabila Anda sedang melaju cepat tiba-tiba mobil Anda berhenti mendadak, berbahaya bukan? Nah, ini dia cara memeriksa poros gardan yang perlu Anda ketahui.

1. Pembongkaran

Saat Anda akan memeriksa poros gardan lakukanlah pembongkaran pada sambungan universal dair diferensial dan bantalan penyangga tengah dari rangkan kemudian lepaskan propeller.

Cegah oli bocor dengan memasukan peralatan khusus ke dalam ujung dari rumah transmisi. Buka dan lepas snap ring dari bantalan spider, tekan ujung yang satu dari bantalan spider dengan ragum ukuran 14 mm dan soket ukuran 21 mm. Pukul poros propeller hingga bantal spider ditarik keluar dan jaga agar tidak berjatuhan.

2. Pemeriksaan

Bagian yang telah dibongkar sebaiknya dicuci dan periksa lagi apabila terjadi kerusakan atau mungkin sudah berkarat. Periksalah bagian yang mungkin aus atau berubah bentuk. Periksa juga sisi sesuai nomor urutannya, pastikan tidak tertukar. Periksa yoke flens sambungan universal untuk memastikan tidak aus dan rusak.

3. Perakitan

Pasanglah komponen-komponen poros propeller sesuai dengan nomor urutannya jangan sampai tertukar. Pasanglah pada spider dan yoke dengan menggunakan peralatan khusus dan alat pengepres.

Jika sudah terpasang jangan lupa untuk memeriksa kehalusan putaran dengan jalan memutar selubung atau flens yoke dari ke kanan dan kiri. Pasang poros propeller dalam kendaraan tanpa beban.

Bantalan tengah harus tegak lurus pada garis tengah poros, setelah selesai memasang bagian sambungan universal dan selubung yang masuk ke dalam transmisi jangan lupa beri minyak pelumas, dan pasang baut dengan pas agar tidak lepas.

Cara Memeriksa Poros Gardan sangat mudah. Anda bisa memeriksa dan melakukan pemasangan sendiri di rumah, Jangan lupa pastikan poros gardan Anda tidak bermasalah agar tidak membahayakan keselamatan Anda sendiri.