Kehamilan menjadi salah satu momen yang sangat menakjubkan untuk pasangan yang baru saja menikah. Kehadiran buah hati tentu saja akan melengkapi kebahagiaan dalam pernikahan, sehingga tidak sedikit pasangan yang segera ingin menimangnya. Untuk itu, para wanita khususnya, harus mengetahui tanda-tanda awal kehamilan yang sebagian besar tidak disadari seperti yang banyak didiskusikan melalui forum SehatQ.com

Melalui forum tersebut, salah satu wanita berusia 21 tahun mengeluhkan kondisinya yang sedang hamil tiga minggu dan merasakan perubahan dalam tubuhnya. Dalam tiga hari berturut-turut, ia tidak merasakan gejala nyeri perut, vagia, dan payudara seperti yang ia rasakan sebelumnya. Dan ia khawatir apakah gejala tersebut normal atau tidak.

Dokter kemudian memberikan penjelasan melalui forum tersebut. Hamil tiga minggu dikenal dengan istilah hamil muda dan termasuk ke dalam trimester pertama (0-12 minggu). Pada saat hamil muda, ada berbagai gejala yang dirasakan akibat adanya hormone HCG dan perubahan hormone lainnya di dalam tubuh. Hal yang dirasakan wanita tersebut sangat wajar karena setiap wanita hamil memiliki kondisi yang berbeda-beda saat kehamilannya.

Ciri-Ciri Hamil Muda

Ada pun ciri-ciri hamil muda, yaitu sebagai berikut:

1. Merasa Kram dan Timbul Bercak

Ciri pertama hamil muda, yaitu Anda bisa merasakan perut kram dan timbul bercak darah. Kondisi yang seperti ini menandakan gejala hamil muda. Kram yang dirasakan dan bercak darah yang timbul mirip seperti menstruasi.

Hanya saja, darah yang keluar tentu tidak banyak. Bercak ini terjadi dikarenakan sel telur yang dibuahi menghasilkan blastocyst, yaitu sel-sel yang berisi cairan yang nantinya akan berkembang menjadi organ tubuh bayi.

2. Pembengkakan Payudara

Ciri umum lainnya, yaitu terjadinya pembengkakan pada payudara. Ciri yang satu ini umum terjadi pada wanita yang hamil muda, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat mengalami gejala ini. Selain mengalami pembengkakan, payudara biasanya akan menjadi sangat lunak dan sensitif, sehingga Anda merasakan tidak nyaman.

3. Bagian Aerola Menghitam

Saat hamil muda, hormon didalam tubuh akan mengalami perubahan, salah satunya menyebabkan bagian aerola menghitam. Hal ini disebabkan oleh respon tubuh yang sedang mempersiapkan produksi ASI untuk menyusui nanti. Oleh karena itu, Anda tidak perlu panic jika perubahan hormon ini terjadi.

4. Sering Buang Air Kecil dan Konstipasi

Saat hamil muda, rahim akan menekan bagian kandung kemih, sehingga Anda akan sering buang air kecil atau beser. Hal ini tentu saja akan sangat merepotkan karena Anda harus bolak balik WC setiap saat. Selain itu, Anda juga bisa mengalami masalah pencernaan seperti konstipasi atau sulit buang air besar.

5. Kelelahan

Kelelahan menjadi salah satu tanda hamil muda. Oleh karena itu, jagalah kondisi badan saat hamil muda agar tidak mengalami kelelahan yang luar biasa. Batasi berbagai aktivitas, jangan sampai Anda pingsan dan dilarikan ke rumah sakit.

6. Merasa Mual

Mual tidak hanya dirasakan saat Anda mencium bau yang tidak sedap atau masuk angin. Saat hamil muda, mual atau morning sickness sangat umum terjadi. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan atau Human Chorionic Gonadotropin (hCG). Untuk mengatasinya, Anda bisa minum air putih yang cukup, makan-makanan yang ‘aman’ di lidah dan perut, dan masih banyak lagi.

Itulah enam ciri hamil muda seperti yang dibahas pada forum SehatQ.com. Jika memiliki pertanyaan lain seputar kesehatan, Anda bisa menggunakan fitur direktori Tag di laman SehatQ. Semoga bermanfaat.