Sepatu, selain digunakan sebagai pelindung kaki, sepatu juga mampu memperindah penampilan Anda. Selain kenyamanan ketika digunakan, desain dari sepatu juga menjadi pertimbangan ketika orang membeli sepatu. Salah satu brand sepatu terkenal yang kini banyak diburu adalah Vans. Sepatu jenis ini sangat terkenal di kalangan para remaja hingga orang dewasa. Hal ini dikarenakan sepatunya yang simple dan dapat digunakan oleh seluruh umur.

Memiliki sepatu yang awet tentunya menjadi keinginan banyak orang. Orang akan dengan rajin melakukan perawatan untuk membuat sepatu mereka awet, namun kadang terdapat beberapa hal yang malah membuat sepatu tersebut menjadi cepat rusak. Hal ini dikarenakan belum banyak orang yang benar-benar memahami bagaimana merawat sepatu yang baik dan benar.

Merawat Sepatu Dengan Benar

Bagi Anda yang ingin memiliki sepatu yang awet, berikut adalah tips yang dapat Anda gunakan agar sepatu kesayangan berumur panjang.

1. Mencuci Sesuai dengan Bahan

Hal yang paling lumrah dilakukan dalam merawat sepatu adalah dengan mencucinya. Namun, terkadang orang asal mencuci sepatu tersebut tanpa melihat bahan yang digunakan sepatu. Niatnya ingin merawat, karena asal-asalan malah akan merusak sepatu tersebut. Bahan sepatu yang terbuat dari kain atau kanvas, dapat dicuci dengan menggosok menggunakan sikat dan sabun/deterjen.

Untuk sepatu berbahan suede, Anda bisa merendamnya terlebih dahulu lalu menggosok menggunakan sikat dengan bulu halus. Sedangkan untuk sepatu berbahan kulit, Anda hanya perlu untuk mengelapnya dengan spons, menggosok bahan kulit malah akan membuat teksturnya menjadi rusak.

Anda dapat mencuci sepatu dua bulan sekali atau tergantung dari kecenderungan Anda memakai sepatu tersebut. Sepatu Vans yang sering Anda pakai tentunya akan lebih sering kotor dan lebih sering dicuci daripada sepatu yang hanya Anda pakai ketika moment-moment tertentu.

2. Hindari Menjemur di bawah Sinar Matahari Langsung

Menjemur sepatu langsung di bawah sinar matahari dapat menyebabkan warna dari sepatu tersebut menjadi pudar. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika Anda mengeringkan sepatu di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung atau tempat yang teduh. Anda juga dapat mengeringkannya dengan mengangin-anginkan menggunakan kipas angin.

3. Simpan di Tempat yang Kering

Jika memiliki banyak koleksi sepatu, alangkah baiknya jika Anda menyimpan sepatu Anda di dalam lemari atau storage box yang kering. Namun, jika Anda tidak memiliki lemari khusus untuk menyimpannya, Anda bisa menggunakan kotak sepatu sebagai tempat menyimpan.

Jika menggunakan kotak sepatu, pastikan Anda memberikan kantong silica di dalamnya. Hal ini dapat membantu mempertahankan kelembaban dalam kotak sepatu. Menyimpan sepatu di tempat yang lembab dapat menyebabkan jamur dan nantinya akan merusak sepatu.

4. Bersihkan Sepatu dengan Rutin

Untuk tetap menjaga sepatu Anda tetap awet, tentunya Anda perlu melakukan perawatan yang rutin. Untuk merawatnya, Anda tidak perlu untuk sering mencucinya tiap hari. Anda hanya perlu membersihkan sepatu Anda menggunakan lap, setidaknya sebulan sekali untuk menjaga sepatu Anda tetap bersih.

Demikianlah 4 tips untuk menjaga dan merawat sepatu Anda agar tetap awet. Tidak sulit bukan? Bagi Anda yang merupakan kolektor sepatu, tentunya wajib mengetahui hal ini agar sepatu-sepatu Anda dapat terjaga.

Salah sepatu yang lagi banyak diminati adalah sepatu Vans. Sepatu ini terkenal di pasaran bermula dari para pemain skateboard. Sepatu ini juga memiliki desain yang khas yaitu, kotak kotak berwarna hitam dan putih layaknya papan catur. Pastikan Anda setidaknya memiliki 1 pasang sepatu jenis ini ya!