Minggu lalu Google memberi alat bermanfaat buat pemakainya, yaitu two-factor authentication atau verifikasi dua langkah. Bila Anda belum mencobanya, Anda harus selekasnya mengerjakannya.

Dengan aktifkan verifikasi dua langkah, account Anda semakin lebih aman. Ini ialah alat paling baik buat siapapun yang memakai account Google.

Verifikasi dua langkah memberikan tambahan susunan keamanan baru ke account Anda. Sesudah diaktifkan, Anda (atau calon peretas) harus jalankan dua langkah untuk masuk ke account Gmail Anda.

Tidak hanya kata sandi reguler, Anda akan membutuhkan kode enam digit yang selekasnya dikirim ke hp Anda setiap saat coba masuk.

Ini bermakna peretas tidak dapat menjebol account Anda meskipun bila mereka sudah mengetahui kata sandi Anda. Mereka butuh mempunyai hp Anda dengan fisik.

Bila itu terdengar susah, jangan cemas. Anda sebetulnya tidak harus menanti kode teks itu setiap saat Anda masuk.

Dalam posting ini, kami akan mengulas langkah mempersiapkan verifikasi dua langkah untuk account Google Anda cuma dalam beberapa waktu – serta bagaimana mengerjakannya tanpa ada memberikan tambahan langkah baru ke kegiatan rutin harian Anda.

Aktifkan verifikasi dua langkah

Untuk mengawali, membuka halaman Keamanan di penataan. Click Verifikasi 2 Langkah dan tekan Mulai untuk masuk ke account Google Anda serta nyalakan verifikasi dua langkah.

Dengan default, kode verifikasi diantar ke hp Anda, tapi Anda bisa pilih untuk terima konfirmasi lewat aplikasi Google. Ini bukan sekedar selamatkan Anda dari kewajiban masukkan kode, dan juga lebih aman.

Pilihan cadangan

Google mereferensikan penataan minimal satu pilihan cadangan bila Anda tidak bisa terhubung hp Anda. Anda bisa cetak beberapa kode cadangan yang selanjutnya akan Anda taruh dalam tempat yang aman.

Anda dapat memakai aplikasi Google Authenticator jadi pilihan cadangan atau kunci keamanan USB.