Mengenal Apa Itu Reksadana beserta Deretan Kelebihannya

  • Whatsapp
Mengenal-Apa-Itu-Reksadana-beserta-Deretan-Kelebihannya
Foto dari Canva

Reksadana saat ini menjadi instrumen investasi yang diminati oleh banyak orang. Bukan tanpa alasan, reksadana memang bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan dan mudah sekali untuk dijalankan. Mari cari tahu dulu apa itu reksadana dan apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh instrumen investasi satu ini agar Anda semakin yakin untuk memilihnya.

Pengertian Apa itu Reksadana dan Kelebihan

Reksadana merupakan instrumen investasi dimana Anda bisa menyetorkan dana kepada manajer investasi profesional. Dana tersebut nantinya akan diputar dan dikelola oleh manajer untuk menghasilkan profit di berbagai sektor. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari reksadana yang membuatnya diminati oleh banyak orang:

Read More

1. Modalnya Ringan

Reksadana ini menjadi jenis investasi yang butuh modal kecil. Cocok sekali bagi investor pemula yang baru mulai ingin belajar dan modalnya belum terlalu besar. Bahkan hanya dengan Rp50.000,00 saja sekarang Anda bisa berinvestasi di reksadana. Tentunya besar modal yang kecil ini sangat membantu siapa saja terutama anak muda untuk berinvestasi.

2. Mudah Didiversifikasi

Kelebihan lainnya dari investasi reksadana adalah mudah didiversifikasi. Dalam satu jenis investasi reksadana ini Anda menggunakan uang untuk beberapa jenis saham dan obligasi. Modal kecil ini nantinya akan diposisikan ke berbagai jenis instrumen sehingga keuntungan yang didapat juga semakin besar serta pastinya menguntungkan.

Bagaimana jika Anda tak paham jenis instrumen mana yang paling baik? Tenang, dana reksadana ini sudah dipegang oleh manajer yang profesional. Dana yang Anda setorkan akan dikelola dan diputar oleh manajer tersebut hingga menghasilkan banyak profit.

3. Mudah Diakses dan Fleksibel

Reksadana merupakan jenis investasi yang sangat mudah untuk diakses. Sekarang, investor reksadana bisa menyetorkan dana serta memantau investasi secara online. Melalui satu aplikasi, Anda bisa mencari tahu apa itu reksadana, menyetorkan modal, juga memantau diversifikasi atau portofolio Anda.

Hal ini membuat reksadana menjadi investasi yang sangat fleksibel. Jenis investasi ini sangat cocok bagi anak muda yang memang suka dengan fleksibilitas dan ingin berinvestasi secara praktis. Bahkan saat ini pembelian reksadana sudah semakin mudah, bisa dilakukan lewat berbagai platform e-commerce terpercaya.

4. Bersifat Transparan

Investasi reksadana ini bersifat transparan yang artinya Anda bisa mengetahui nilai aktiva bersih dari reksadana. Data mengenai peningkatan dan penurunan harga unit juga akan dipublikasikan baik dalam bentuk cetak maupun daring. Investor bisa dengan mudah mengakses informasi penggunaan dana secara jelas. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya investor terhadap instrumen investasi reksadana.

5. Sangat Praktis untuk Dijalankan

Jenis investasi ini tergolong sebagai investasi yang sangat praktis untuk dijalankan. Investor bisa melakukan pembelian reksadana secara online dengan berbagai jenis metode pembayaran. Jadi investasi ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja asalkan Anda sudah punya platform yang tepat.

Karena kepraktisannya inilah reksadana jadi diminati oleh banyak orang. Tak perlu ribet dan konsepnya juga sangat mudah untuk dipelajari. Cocok sekali bagi anak muda yang baru mulai berinvestasi namun tak punya waktu untuk belajar atau mengelola investasi dengan cara yang rumit. Meskipun praktis, reksadana juga tergolong sebagai jenis investasi yang sangat aman sekaligus menguntungkan.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang apa itu reksadana dan apa saja kelebihannya. Jenis investasi ini dapat menjadi sebuah pilihan terbaik bagi Anda yang tertarik berinvestasi namun tidak ingin ribet. Selain reksadana, Anda nantinya juga bisa mengembangkan investasi ke instrumen lain seperti peer to peer lending di Indonesia yang bisa menghasilkan profit lebih besar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *