Memulai bisnis online yang sedang populer ternyata tidaklah sulit. Hal yang dibutuhkan adalah kerja keras yang panjang, dan konsisten. Sebab bisnis online tidak akan berkembang jika Anda tidak bekerja dan konsisten menekuninya.

Bagi Anda yang mencari-cari peluang bisnis online apa sih yang sedang populer dan menjanjikan, di bawah ini adalah beberapa peluang yang bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan.

Peluang Bisnis Online yang Populer

1. Blogging

Blogging adalah salah satu model bisnis pertama yang muncul dari penemuan internet. Blog adalah tulisan yang dibaca orang untuk mendapatkan nasihat dan informasi.  Untuk mulai ngeblog, Anda harus memutuskan niche apa yang akan Anda cakup. Kebanyakan bidang yang populer adalah bisnis, kecantikan, gaya hidup, keuangan dan masih banyak lagi.

 Anda juga harus memiliki pemahaman yang baik tentang pemasaran search engine, desain, pemasaran konten, penulisan, pengeditan, dan penggunaan sebagian besar mekanisme pemasaran digital utama (sosial, email, dan pemberitahuan). Nantinya, jika blog Anda banyak dibaca, Anda bisa memonetize blog Anda.

2. Vlogger YouTube

Vlogger atau YouTuber menghasilkan banyak uang dari pendapatan iklan. Satu video viral dapat membuat para YouTuber menjadi bintang dalam semalam dan memperoleh pendapatan yang sangat besar (YouTube rata-rata membayar sekitar 25 juta per 1 juta penayangan).

Untuk memulai jadi YouTuber, Anda harus memutuskan jenis konten video yang akan Anda buat. Selanjutnya, Anda perlu membuat akun YouTube dan memahami platform (cara menulis judul, konten apa yang populer dan bagaimana Anda bisa berkembang).

Penting untuk diperhatikan bahwa meskipun beberapa YouTuber menjadi viral dalam semalam, sebagian besar dari mereka membutuhkan kerja keras bertahun-tahun untuk membuat dan menerbitkan konten inovatif.

3. Jual Stock Photography san Video

Sebagian besar situs web menggunakan gambar stok, pada dasarnya foto yang mereka miliki dibeli secara online dari platform seperti Shutterstock, Adobe Stock Photos, dan lainnya untuk digunakan di situs web mereka sebagai materi pemasaran.

Menjadi stock fotografer relatif mudah untuk memulainya. Anda hanya memerlukan kamera DSLR dan pengalaman fotografi yang layak. Dari apa yang Anda miliki, maka cobalah hunting tema foto dan mengedit foto berkualitas tinggi, kemudian membuat dan mengunggahnya ke akun penjualan di platform yang disebutkan.

4. Affiliate Marketer

Mengapa menjual produk Anda sendiri, ketika Anda dapat menjual produk orang lain? Di sinilah bisnis affiliate marketer menjadi sangat populer. Affiliate marketer adalah proses memasarkan produk / layanan perusahaan lain dan mendapatkan komisi dari hasil penjualan.

Untuk memulai bisnis ini sangatlah sederhana, buat situs web eCommerce dasar untuk niche tertentu. Setelah itu temukan produk menarik dengan skema afiliasi (baik dengan mendekati pemasok secara langsung atau melalui platform afiliasi pihak ketiga), lalu daftarkan produk ini di toko Anda .

 Kemudian tautkan semua tombol ‘Beli’ ke situs web supplier. Setiap kali seseorang membeli, Anda dibayar dengan komisi penjualan.

Nah, di antara 4 bisnis online yang sudah dijelaskan di atas, manakah yang paling ingin Anda lakukan? Jangan lupa untuk menuliskan catatan hutang di setiap bisnis yang Anda jalankan. Unduh aplikasi catatan hutang bernama “BukuKas” gratis di smartphone!