Sering Alami Nyeri Haid yang Terlalu Menyakitkan? Coba Atasi dengan 5 Tips Ini!

Sering-Alami-Nyeri-Haid-yang-Terlalu-Menyakitkan-Coba-Atasi-dengan-5-Tips-Ini
Foto dari Canva

Nyeri haid merupakan hal lumrah yang dialami semua wanita dengan penyebab yang bervariasi. Meskipun terbilang hal yang wajar, rasa nyeri yang terlalu menyakitkan atau tidak tertahankan harus Anda waspadai. Bisa jadi Anda merasakan nyeri yang begitu menyiksa di bagian perut bawah sebagai tanda dari penyakit tertentu.

Kiat Mengatasi Nyeri Haid yang Bisa Anda Coba

Anda yang sering mengalami nyeri haid yang acap muncul dan hilang begitu saja, maka tidak perlu cemas dengan kondisi tersebut. Bila ada rasa kurang nyaman saat merasakan nyeri di bagian perut bawah ini, Anda bisa mencoba kiat mengatasinya sebagai berikut :

1. Melakukan kompres hangat

Untuk meredakan rasa nyeri yang tidak tertahankan pada perut Anda pada masa awal menstruasi, maka cobalah melakukan kompres hangat. Anda bisa memakai krim yang bisa menenangkan atau gunakan air hangat yang dimasukkan ke dalam botol dan tekankan pada perut secara perlahan.

2. Melakukan aktivitas fisik atau olahraga

Meskipun Anda tengah mengalami menstruasi, tidak berarti Anda hanya perlu berbaring atau istirahat di rumah. Anda bisa memilih jenis olahraga yang bisa mengatasi perut kram, kembung hingga sakit kepala pada saat menstruasi, misalnya yoga.

Anda bisa melakukan beberapa gerakan yoga yang bisa mengurangi sensasi sakit bulanan tersebut. Jenis gerakan seperti reclining twist, wide child’s pose, arching pigeon, dan masih banyak gerakan lain yang bisa membantu Anda lebih rileks. Pastikan saja Anda yang masih pemula dalam olahraga yoga harus berada dibawah pengawasan instruktur, ya!

3. Perhatikan asupan konsumsi makanan dan minuman

Selain melakukan aktivitas fisik, Anda wajib memperhatikan asupan konsumsi makanan dan minuman yang baik selama masa menstruasi ini. Anda perlu menghindari konsumsi makanan berlemak terlalu banyak dan sebaiknya pastikan konsumsi air putih minimal delapan gelas per hari. Bila Anda memang pencinta kopi, sebaiknya kurangi konsumsi kafein atau pilih minum jenis minuman herbal yang bisa membantu meringankan rasa nyeri seperti teh hijau atau chamomile.

4. Mengurangi stress

Nyeri menstruasi yang Anda rasakan akan terasa semakin tidak tertahankan bila stress melanda. Anda wajib mengelola stress dengan berbagai aktivitas menyenangkan seperti menonton film, mendengarkan musik, membaca buku, dan lain-lain. Melakukan meditasi yang bisa mengatur pernapasan lebih baik juga bisa membantu mengurangi efek stress tersebut. Nyeri yang Anda rasakan berangsur-angsur akan membaik bila Anda mampu menangani stress karena tumpukan pekerjaan, masalah pribadi dan lain-lain.

5. Minum obat pereda nyeri

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri di bagian perut bawah adalah minum obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri bisa Anda beli bebas di apotek, tetapi ada baiknya mendapatkan resep dokter untuk antisipasi risiko kesehatan yang mungkin terjadi.

Nyeri haid yang acap muncul dan menghilang seiring waktu memang hal yang dialami oleh semua wanita. Meskipun demikian, Anda yang sering merasakan nyeri terlalu parah diikuti keluhan lain seperti perdarahan, periode haid yang terlalu lama, keputihan tidak normal dan berbau, dehidrasi hingga pingsan, atau gejala lain, segera lakukan pemeriksaan serius pada dokter.

Nyeri menstruasi yang terlalu berlebihan dan menyakitkan bisa menjadi salah satu tanda Anda menderita penyakit tertentu, misalnya endometriosis, radang panggul, miom, masalah pada kandung kemih atau saluran indung telur, dan bisa pula disebabkan efek samping penggunaan obat-obatan atau kontrasepsi tertentu. Pastikan Anda menjaga kesehatan reproduksi dengan baik dengan melakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut bila alami keluhan nyeri yang tidak kunjung sembuh.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.