Tempat Terbaik Meletakkan Router WiFi di Rumah agar Tidak Lemot

Tempat-Terbaik-Meletakkan-Router-WiFi-di-Rumah-agar-Tidak-Lemot
Foto dari Canva

Menggunakan WiFi dengan jaringan lemot tentu mengurangi rasa nyaman saat bekerja maupun melakukan aktivitas lain melalui internet. Nah, jaringan yang lemot ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya lokasi router yang tidak tepat. Agar koneksi internet WiFi rumah Anda selalu lancar, yuk, simak di mana saja tempat terbaik meletakkan router dalam artikel ini!

1. Hindari Dinding atau Hambatan yang Tebal

WiFi menggunakan gelombang radio yang sinyalnya mudah melemah jika terhalang oleh hambatan tebal seperti dinding, lantai, atau yang lainnya. Tak ayal, semakin banyak dinding yang menjadi penghalang ruangan dengan tempat router, maka koneksi internet akan semakin lambat. Oleh sebab itu, jauhkan router internet di rumah Anda dari banyak dinding atau hambatan yang tebal, ya!

2. Di Tengah Ruangan

Tempat terbaik meletakkan router adalah tepat pada tengah ruangan, bukan luar atau pojok rumah. Hal ini bertujuan agar sinyal mudah menyebar ke seluruh rumah, sehingga tetap lancar saat diakses dari bagian mana pun. Pastikan router juga dekat dengan ruang kerja Anda, ya.

3. Pasang di Tempat Lebih Tinggi

Router sebaiknya Anda letakkan pada posisi yang lebih tinggi dalam rumah, seperti di atas lemari, rak, atau dinding bagian atas. Sebab semakin tinggi posisi router, maka sinyalnya akan semakin kuat dan stabil. Sehingga, koneksi internet jadi lancar dan bisa memberi kenyamanan Anda saat bekerja maupun belajar.

4. Jauhkan dari Benda Elektronik

Peralatan rumah tangga seperti microwave bisa menangkap gelombang elektromagnetik yang akan mengganggu sinyal WiFi jika jaraknya berdekatan. Oleh karena itu, tempat terbaik meletakkan router lainnya adalah yang jauh dari barang elektronik berbahan stainless steel, kaca atau cermin, dan logam.

5. Sesuaikan Antena Router dengan Tepat

Selain memperhatikan lokasi pemasangan router, Anda juga harus mengatur posisi antena dengan tepat. Antena tersebut berperan penting dalam penyebaran sinyal jaringan internet.

Jika router WiFi memiliki satu antena saja, maka posisikan antena tersebut tegak lurus ke atas. Jika lebih dari satu, maka atur tegak lurus dan menyamping.

6. Cobalah Memetakan Kekuatan Sinyal

Sebelum memasang router, ada baiknya Anda sebagai pemilik rumah berkeliling dalam rumah untuk memetakan posisi yang memiliki sinyal paling kuat.

Langkah ini sangat tepat bagi Anda yang ingin menemukan tempat koneksi internet paling lancar. Jika sudah, Anda bisa segera memasang router tersebut untuk keperluan internet sehari-hari.

Itulah beberapa tempat terbaik meletakkan router WiFi agar koneksi internet selalu lancar dan stabil. Jika saat ini lokasi router Anda belum sesuai dengan titik-titik di atas, segera saja pindahkan router tersebut sesuai dengan penjelasan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.