Momen Harbolnas 2019 banyak ditunggu-tunggu oleh masyarakat karena diskon besar-besaran dan hadiah berlipat yang ditawarkan. Meski begitu, banyak orang yang ternyata tidak dapat memanfaatkan event ini dengan maksimal sehingga berakhir rasa penyesalan dan sebagainya. Untuk itu berikut ini sudah dirangkum beberapa tips jitu dan cerdas menghadapi Harbolnas.

5 Tips Terbaik dalam Menghadapi Harbolnas Tahun Ini

Event Harbolnas 2019 sendiri merupakan tahun kedelapan dari sejak perhelatannya pertama kali di tahun 2012. Meski sudah diselenggarakan selama 8 kali berturut-turut, nyatanya masih banyak orang yang belum dapat memanfaatkan momen ini dengan maksimal. Berikut sudah dirangkum beberapa tips jitu dalam menghadapi Harblonas:

1. Menabung dari Jauh-Jauh Hari

Saat Harbolnas tiba siapa sangka barang apa saja yang bisa Anda beli dan dapatkan di platform e-commerce kesukaan Anda. Agar dapat memanfaatkan momen Harbolnas sebaik mungkin maka sebaiknya Anda sudah menabung jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan menabung sejumlah uang, maka Anda bisa membeli barang-barang yang Anda inginkan dan didiskon besar-besaran di e-commerce saat Harbolnas. Namun, selain menabung pastikan pula Anda menentukan limit atas uang yang Anda habiskan untuk belanja agar tidak berlebihan.

2. List Daftar Barang Wajib dan Barang yang Diinginkan

Ada perbedaan mendasar antara barang wajib dibeli dan barang yang diinginkan. Barang yang wajib dibeli artinya Anda memang sudah harus memiliki barang tersebut dan tidak bisa lagi ditunda. Sebaliknya, untuk barang yang diinginkan artinya barang tersebut sebenarnya masih bisa ditunda namun Anda saat ini ingin memilikinya.

Dengan membuat daftar barang yang diinginkan dan wajib dimiliki, maka Anda bisa menyusun daftar prioritas. Jangan sampai barang wajib justru Anda lupakan karena mendahulukan barang yang diinginkan.

3. Pilih yang Memiliki Sistem Retur

Tidak hanya membeli online, membeli offline bahkan juga menerapkan sistem pengembalian barang dengan batas waktu apabila barang yang dibeli ternyata tidak sesuai dengan deskripsi yang dijanjikan. Jika membeli offline saja ada sistem retur, maka tentu online lebih wajib lagi memiliki sistem retur mengingat barang tidak dapat dilihat oleh konsumen sebelum barang tersebut sampai ke tangan pembeli.

Retur sendiri umumnya bisa dilakukan jika barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan deskripsi yang tertera ataupun salah ukuran. Pastikan barang yang Anda terima sesuai dengan deskripsi yang tertera di dalam platform dengan ukuran yang sesuai. Apabila ada masalah maka Anda bisa mengembalikan barang tersebut baik itu diganti dengan barang lain atau uang Anda kembali 100%.

4. Bukti Transfer atau Transaksi Harus Disimpan

Bukti transaksi dan pembayaran merupakan bukti sah yang harus selalu disimpan. Pasalnya, bukti ini akan sangat penting terutama jika ada masalah yang Anda hadapi ke depannya. Selain itu, salah satu syarat untuk dilakukannya retur juga mengharuskan pembeli menyertakan bukti transaksi. Pegang bukti transaksi ini hingga barang sudah sampai ke tempat Anda dan sesuai dengan deskripsi (asli).

5. Riset Seller yang Menjual Barang

Sangat penting memastikan bahwa penjual tersebut meyakinkan dan memiliki history bagus dalam penjualannya. Ada bisa melihatnya dari review orang-orang yang sebelumnya sudah berbelanja di toko seller tersebut.

Beli Produk Asli di JD.ID

Untuk menghindari hal-hal buruk yang bisa saja terjadi saat bertransaksi online sebaiknya pilih platform online terpercaya dan bergaransi seperti JD.ID. JD.ID memberikan jaminan keaslian produk yang dijual sama dengan deskripsi yang tertera kepada semua konsumennya. Anda bisa mempercayakan belanja Harbolnas 2019 Anda di JD.ID.