Gaya hidup generasi milenial saat ini bisa dibilang sangat konsumtif. Didukung dengan teknologi yang semakin canggih, anak muda dapat dengan mudah membeli barang-barang keperluan hanya melalui aplikasi. Dengan kemudahan itu, secara tidak sadar seringkali membuat anak muda menjadi boros. Tidak jarang, uang bulanan sudah habis jauh sebelum hari gajian tiba. Jangan sampai menyesal, berikut tips menabung untuk anak milenial.

Cara Menabung Mudah Ala Milenial

1. Membuat Tabungan Terpisah

Menabung memang harus memerlukan tekad yang kuat. Cara menabung paling simpel yang bisa dilakukan milenial adalah dengan memisahkan berbagai macam uang tabungan. Uang tabungan dapat diambil dari gaji bersih yang sudah dikurangi dengan biaya bulanan yang pasti dikeluarkan. Simpan tabungan di amplop atau dompet terpisah dengan keterangan tujuan menabung, target tabungan dan juga jumlah tabungan.

2. Gerakan 20 Ribu

Dua puluh ribu rupiah bukanlah nominal uang yang terlalu besar, maupun terlalu kecil. Milenial bisa menerapkan cara menabung dengan sistem gerakan 20 ribu. Cara ini dapat dilakukan dengan sangat mudah. Intinya, jangan pernah memakai uang dua puluh ribu. Setiap mendapatkan uang dengan pecahan dua puluh ribu rupiah segera masukkan ke dalam celengan ataupun dompet tabungan. Meski hanya menabung satu nominal, namun hasilnya tetap lumayan.

3. Menabung Sesuai Tanggal

Jika ingin menabung secara konsisten setiap hari, tips menabung sesuai tanggal ini dapat dicoba. Tentukan jumlah awal uang yang ingin ditabung, beserta kelipatannya. Misal, tabungan yang diinginkan ialah kelipatan 1.000 rupiah setiap harinya. Maka, pada tanggal 1 uang yang harus ditabung adalah sebesar 1.000 rupiah. Pada tanggal 15, anda harus memasukkan uang sebesar 15.000 ke dalam tabungan, begitu seterusnya. Dalam sebulan, anda dapat memiliki tabungan sekitar Rp. 400.000 rupiah.

Menabung tidak harus di bank dengan nominal yang besar. Beberapa metode tabungan sederhana dapat dilakukan di rumah untuk meningkatkan motivasi menabung. Bagi sebagian milenial, menabung memang susah dilakukan. Namun, jangan sampai gaya hidup boros membuat gaji selama ini malah habis hanya  untuk membeli hal-hal yang sebenarnya  bisa ditahan. Untuk itu, anda dapat mencoba tips tersebut agar bisa menabung lebih mudah.